Wednesday 29 February 2012

"Lost In Paradise"

 Selamat datang di Pulau Berhala, guys!

Pulau Berhala bukanlah pulau yang memiliki banyak berhala. Akan tetapi, ini merupakan pulau terluar dari Indonesia dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Keindahan alamnya yang eksotik membuat pulau ini seperti "surga" yang tersembunyi.
Pulau Berhala, bukanlah pulau dengan banyak berhala yang menjadi sesembahan para penganut animisme. Pulau ini berbatasan langsung dengan Malaysia yang hanya berjarak sekitar 10 km. Pulau ini terletak sekitar 21 mil dari Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).
Untuk menuju ke sana, jika dari Medan harus terlebih dulu ke Pelabuhan Sergai yang memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat. Kemudian, melanjutkan perjalanan dengan menumpang perahu nelayan menuju Pulau Berhala yang memakan waktu sekitar 4-5 jam.
Dalam sesi perjalanan ini berdoa saja agar tidak terjadi hujan di laut karena yang ditumpangi adalah perahu nelayan, kalau sudah seperti itu bersiap-siaplah diterjang ombak Selat malaka dan terpaan air hujan. Ya, tentu saja karena tidak ada atap penutupnya dan hanya ada plastik terpal, itu pun panjangnya terbatas.
Tapi, semua hal yang dialami selama perjalanan akan sirna saat sampai di lokasi tujuan. Pulau cantik yang dikelilingi dengan pasir putih dan laut yang berwarna hijau transparan terlihat sangat eksotik. Biasanya kita hanya bisa melihat pemandangan seperti ini di film-film Hollywood, kini itu semua ada di depan mata. Semoga saja Malaysia tidak latah mengklaim pulau ini sebagai kepunyaannya.
Berhubung di Pulau Berhala tidak ada penginapan, wisatawan bisa menginap di mess milik Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dan, di sana juga tidak ada listrik, hanya ada generator listrik sederhana yang dayanya tidak terlalu kuat, hanya cukup untuk lampu dan rumah makan. Saat berada di rumah makan wisatawan tidak diperkenankan untuk men-charge HP. Bingung sudah pasti tapi perlu diketahui di sana juga tidak ada sinyal, jadi jangan harap bisa meng-update status di sosial media ketika berada di sana.
Dalam pulau ini banyak spot-spot yang menarik untuk dijelajahi. Apalagi bagi pecinta snorkeling dan diving, pesona lautnya sangat menggoda. Bahkan bagi yang hobi hiking pun dapat mendaki anak tangga yang berjumlah sekitar 700 untuk mencapai mercusuar. Kalau sudah sampai di puncak tower mercusuar pemadangan alam "surga yang hilang" akan terlihat nyata.
Pulau yang berada di luar Indonesia ini indahnya bukan main. Ada juga pulau kecil dinamai Pulau Nenek oleh para tentara dan pulau ini dan hanya bisa dikunjungi apabila air laut sedang surut. Di pulau Nenek banyak batu-batu besar yang sekilas mengingatkan kita akan pulau Belitong.
Wow, sungguh alam yang sangat indah. Bagi penggemar fotografi, jangan lewatkan kesempatan untuk memburu momen-momen indah di sini. "Aaaah.... Paradise!"
More Picture
Fajar di Pulau BerhalaPulau Nenek yang hanya bisa dicapai saat surutInilah Berhala sodara-sodara!

0 comments:

Post a Comment

Vabry.Ardianto Design. Powered by Blogger.
Klik Like Untuk Menyukai FP Aurora
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More