Friday 17 February 2012

BlackBerry Empathy


Kata-kata BlackBerry Empathy lagi jadi trending topic di Twitter, gambarnya pun banyak dishare kayak itu produk RIM beneran. Kebanyakan orang di Twitter kelihatannya tertarik karena suka bentuknya, dan beberapa sampai udah nungguin kapan keluarnya smartphone konsep ini.


Sayangnya BlackBerry Empathy masih hanya konsep. Yang lebih ngagetin lagi, konsep desain ini dibuat tahun 2010. Semua lagi bingung nih gimana isu ini bisa keangkat lagi. Kemungkinan besar ada yang ngusulin produk ini ke CEO BlacBerry.

BlackBerry Empathy sebenernya hasil dari proyek yang disponsorin RIM. Proyeknya sendiri diadain di Art Center College of Design oleh desainer Kiki Tan dan Daniel Yoon. Interface-nya menggabungkan emosi manusia dengan jejaring sosial.

Ide dasarnya adalah si smartphone ini mengumpulkan data emosional melalui bantuan cincin emosi. BlackBerry Empathy menggunakan layar OLED transparan yang tembus pandang ketika gak dipake. Bagian depannya layar sentuh, dengan keyboard di sisi belakang.

Daniel menjelaskan interfacenya seperti ini:
“Sudah pasti ini dioperasikan dengan sentuhan dan semua koneksi pengguna ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga anda bisa melihat siapa saja yang saling terhubung. Setiap kontak memiliki avatar yang dikelilingi oleh dua cincin berwarna. Cincin dalam melambangkan kondisi emosi pengguna sebelumnya, sedangkan cincin luar melambangkan kondisi emosi pengguna saat ini. Penting untuk menunjukkan perubahan emosi untuk mengetahui bagaimana sebuah kejadian mempengaruhi kontak tersebut.

Satu lagi fitur yang menurut kami penting adalah “Diagram Kesehatan Emosional”. Diagram ini memonitor kondisi kesehatan penggunanya dalam selang waktu yang tidak terbatas. Siapapun dapat melihat bagaimana peristiwa tertentu, atau panggilan telepon, atau pesan, mempengaruhi si pengguna. Jelas bahwa jika diagram menunjukkan kalau seseorang selalu dalam keadaan kesal, pasti ada masalah dengannya… Jika diizinkan, seorang pengguna akan dapat melihat diagram pengguna lain juga.”
 

0 comments:

Post a Comment

Vabry.Ardianto Design. Powered by Blogger.
Klik Like Untuk Menyukai FP Aurora
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More